Share

PENTINGNYA MERAYAKAN ULANG TAHUN ANAK

Perayaan ulang tahun anak, adalah salah satu bentuk ucapan syukur orang tua karena telah diberi keturunan. Yang menjadi pertanyaan adalah, perlukah mengadakan perayaan pesta ulang tahun anak?

Seringkali yang terjadi adalah pesta ulang tahun identik dengan perayaan yang mewah. Ada juga keluarga yang merayakan pesta ulang tahun anak dengan berkunjung ke panti asuhan dan berbagi kepada anak-anak yang kurang mampu. Merayakan bersama kelurga dengan makan bersama terkadang juga masih sering dilakukan. Dari semua jenis kegiatan perayaan ulang tahun ini, semuanya memiliki makna berkumpul bersama.

Selain berkumpul bersama, perayaan ulang tahun anak memiliki beberapa nilai psikologi yang pada akhirnya menjadi salah satu faktor penunjang tumbuh kembang anak.

 

  1. Belajar Bersosialisasi

Dengan bertemu banyak orang dan mengikuti serangkaian kegiatan secara bersama sama, anak dapat melatih keberanian dan kepercayaan diri. Sehingga ketika usianya yang semakin bertambah, anak tidak mengalami kesulitan dalam bergaul.

 

  1. Anak Merasa Lebih dihargai

Dengan merayakan ulang tahun anak, anak merasa dihargai oleh orang tuanya, merasa menjadi anak yang diharapkan dalam keluarga.

 

  1. Memberikan Kenangan Manis

Kenangan manis pada usia anak-anak akan tersimpan sebagai kenangan yang positif yang akan terus dibawa sampai ia menjadi dewasa kelak dan akan membentuk pribadi anak yang memiliki pikiran dan tingkah laku yang positif.

Bukan berarti keluarga yang tidak merayakan ulang tahun anak, adalah keluarga yang tidak bahagia, melainkan keluarga yang memiliki cara tersendiri dalam mendidik dan membentuk karakter anak.

Hal terpenting dalam perayaan ulang tahun anak adalah menjaga momen kebersamaan dan membangun interaksi yang dibangun antara orang tua dan anak.