Share

MENGAPA ANAK MALAS BELAJAR ?

Masa bermain adalah masa yang harus dinikmati oleh setiap anak-anak, namun dengan berjalannya waktu anak-anak akan menginjak masa sekolah dan harus mulai membiasakan diri dengan belajar dan menyelesaikan tugas sekolah. Anak-anak harus membagi waktu bermainnya dengan belajar. Ini lah yang menjadi salah satu faktor penyebab anak malas belajar.

Ada beberapa tips yang harus dilakukan oleh orang tua supaya anak tetap memiliki semangat belajar, namun tidak akan mengurangi waktu bermainnya.

  1. Beritahu Tujuan dari Belajar

Sebagai orang tua harus memberikan informasi yang tepat tentang tujuan dan pentingnya belajar, sehingga anak memiliki gambaran yang tepat tentang belajar.

 

  1. Ciptakan Lingkungan Belajar yang Nyaman

Lingkungan belajar yang nyaman dapat membuat anak dapat berkosentrasi dan semangat belajar.

 

  1. Membuat strategi belajar

Orang tua kreatif tentunya mampu menciptakan strategi yang sesuai kebutuhan belajar anak. Buatlah kegiatan bersama anak yang bertujuan untuk belajar, namun serasa bermain.

 

  1. Waktu Bermain Anak

Berikan kesempatan anak untuk benar-benar bermain. Bermain dapat membantu anak untuk menghilangkan rasa letih karena banyak belajar. Bukan berarti anak harus bermain seharian, namun antara bermain dan berlajar harus seimbang supaya anak tetap memiliki semangat belajar.

Anak malas belajar karena kurang bermain. Jika waktu bermainnya cukup, anak pasti akan sadar pentingnya belajar tanpa harus diminta untuk belajar.