Share

BAHAYA KECANDUAN GADGET PADA ANAK

Saat ini perkembangan teknologi semakin pesat. Gadget adalah salah satu contoh alat elektronik yang diproduksi guna mempermudah kegaiatan manusia. Melalui gadget saja manusia dapat melakukan banyak kegiatan seperti berkomunikasi, melakukan transaksi jual beli, mengawasi kondisi rumah, dll. Tidak heran jika hampir semua manusia di dunia memiliki gadget.

Sebagai orang tua yang baik pasti ingin mengajarkan anak supaya selalu mengikuti perkembangan teknologi. Orang tua mulai memperkenaklan gadget pada anak.

Mempekenalkan gadget kepada anak adalah salah satu tindakan yang dapat ditiru, namun sebagai orang tua harus tetap ingat akan bahaya yang ditimbulkan jika anak terlalu sering bermain gadget. Anak yang masih dalam masa pertumbuhan sangat rentan terkena berbagai penyakit.

Bahaya psikis dan psikologis yang ditimbulkan akibat anak terlalu sering bermain gadget adalah:

  1. Merusak Mata

Anak yang bermain gadget terlalu lama dan bermain dari dari jarak yang dekat dapat membuat mata menjadi mudah lelah. Cahaya radiasi yang ditimbulkan akan membuat mata anak menjadi mudah rusak. Tidak heran jika semakin banyak anak yang sudah menggunakan kaca mata minus.

 

Solusi yang dapat dilakukan oleh orang tua adalah, batasi penggunaan gadget dan perhatikan mata anak, jika mata mulai sering berkedip atau dipijat maka itu tandanya anak sudah terlalu lama menggunakan gadget.

 

  1. Lambat Menerima Respon

Penggunaan gadget yang terlalu lama membuat system kerja otak menjadi lelah, anak akan mengalami kesulitan dalam menerima respon. Anak akan sulit menerima respon dari orang tua, jika di sekolah anak akan mengalami kesulitan dalam menerima pelajaran. Anak menjadi mudah mengantuk.

 

  1. Emosi tidak Stabil

Salah satu ciri anak yang sudah kecanduan gadget adalah tidak mau lepas dari gadget. Anak tidak akan memperdulikan orang disekitarnya dan selalu memberikan respon negatif jika orang tua meminta sesuatu.

 

  1. Sulit Bersosialisasi

Anak yang kecanduan gadget akan memiliki dunianya sendiri, sehingga malas bertemu dan berinteraksi dengan teman-teman sekitarnya. Inilah yang menyebabkan nantinya anak akan mengalami kesulitan bersosialisai di lingkungan sekitarnya dan memiliki perilaku yang berbeda dari teman-teman sebaya nya.

 

Itulah bahaya yang dapat ditimbulkan jika anak kecanduan bermain gadget. Ada baiknya sebagai orang tua menentukan waktu khusus untuk bermain gadget . berikanlah informasi kepada anak tentang penggunaan gadget dan buatlah kesepakatan, jika anak melanggar ketentuan maka anak harus siap menerima hukuman yang telah disepakati bersama.